Kamis, 28 Juni 2012

Sistem Informasi Berbasis Komputer Dengan Contoh Sistem Pakar





     Ada beberapa jenis sistem informasi berbasis komputer seperti diperlihatkan pada gambar di atas, saalah satunya adalah Sistem pakar. Sedikit saya jelaskan mengenai sistem informasi berbasis Komputer dengan contoh sistem pakar.
     Sistem informasi berbasis komputer secara umum adalah pemecahan masalah dengan menggunakan informasi, informasi dapat melalu lisan ataupun tulisan, dalam hal ini pemecahan masalah menggunakan informasi dengan memanfaatkan komputer.
       Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.

Salah satu tenaga ahlinya adalah psikolog. Dengan adanya sistem informasi berbasis komputer maka dapat mempermudah pemecahan masalah dalam bidangnya. Contoh: Alat tes psikologi MBTI (Myer Briggs Type Indicator), fungsi alat tes ini adalah untuk membaca kepribadian. Alat tes MBTI secara komputerisasi lebih efektif dalam pemecahan masalah dan penggunaannya pun mudah. Alat ini bisa di dowload secara umum 

sumber:

  • www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab2.pdf
  • ukyku.files.wordpress.com/2008/02/sistem-pakar-3.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar